10 Mainan Kreatif Berharga ‘Murah*’

mainan1

Mainan anak masa kini cenderung dijual dengan harga tinggi. Ada juga yang murah meriah, namun kualitasnya biasanya tidak standar. Tukang mainan keliling kampung biasanya membawa mainan ‘KW sekian’ untuk menghaluskan istilah tiruan atau palsu.

Tetapi kualitas bagi sebuah mainan anak tentu tak hanya berhenti pada mutu material barangnya. Mainan berkualitas juga harus memenuhi unsur kreativitas dan pendidikan motorik, emosi bahkan sosial.

Berikut ini mainan yang menawarkan mutu bagus dengan harga terjangkau, versi Ujungaspal.

(No. 10) Block Classic

lego

Block yang amat disukai anak-anak. (foto: ujungaspal.com)

Mainan yang disukai anak-anak dari masa ke masa adalah seri klasik, yang berupa kotak-kotak plastik dengan tiang penyambung diatas dan lubang penerima sambungan di bawahnya. Ukurannya beragam dari yang kecil, sedang, hingga besar. Ukuran terbesarnya sekitar 4 cm untuk block terpanjang dengan 8 pasang tiang penyambung.

Block yang berharga mahal biasanya barang import dengan merek terkenal. Blok seperti ini memiliki bentuk-bentuk yang sangat banyak bahkan beberaapa dibuat customized untuk bangunan akhir tertentu. Nama-nama seperti Lego dan Gigo adalah jenis  mainan ‘mahal’ ini.

Harga yang terjangkau block klasik tak mengurangi nilai kreativitasnya. Mainan ini justru memacu imajinasi yang lebih menantang karena tidak ada pola khusus, alias bebas. Warna-warni block dengan beragam ukuran dalam satu setnya membuat mainan ini menarik sepanjang masa. Apalagi kemungkinan bentuk yang bisa dibuat hampir tak terbatas, gedung, pesawat, binatang dan masih banyak lagi yang lain.

Harga mainan ini untuk 100 buah block sekitar Rp. 100.000,- untuk kualitas yang baik. Untuk harga relatif murah, biasa dibeli di pusat grosir mainan. Di Jakarta tempat-tempat seperti Pasar Asemka, Pasar Mester dan Prumpung bisa jadi tujuan terpercaya membeli block ini.

(No. 9) Build

build mainan elastis

Build, dirangkai dengan variasi sendiri, diluar buku petunjuk. (Foto: Ujungaspal.com)

Mainan ini cukup unik. Bentuknya berupa batang-batang plastik lentur setebal sekitar 4 mm, dengan lubang-lubang di ujungnya. Karena kelenturannya, batang-batang ini bisa di tekuk bahkan terlipat ujung bertemu ujung, sehingga jika digabungkan dengan mur bautnya dari platik kualitas bagus, batang-batang ini bisa membentuk bermacam-macam ‘barang imajinatif.’ Apalagi ditambah dengan asesoris seperti sayap, roda, stang kemudi, spoiler dan batang-batang silinder yang bisa menjadi pelengkap.

Bentuk yang dihasilkan menurut lembar petunjuknya untuk tiap paketnya antara lain: motor, mobil balap, helikopter dengan nama masing-masing yang lucu seperti Hello Haskey, Flu Fred dll.

Tetapi dengan memiliki lebih dari satu paket anak-anak bisa mengembangkan imajinansinya sehingga bentuk-bentuk lain bisa di hasilkan seperti pesawat, robot, orang bahkan dinosaurus.

Mainan ini memiliki unsur perangsang imajinasi, teknis motorik, dan kerjasama. Harga mainan ini sekitar Rp. 20.000,- per paket. Biasanya dijual di depan kasir non buku di toko buku Gramedia.

(No. 8) Snake Rubrick

Anak-anak tak pernah bosan bermain dengan Pipa ini. (Foto: Ujungaspal.com)

Anak-anak tak pernah bosan bermain dengan Pipa ini. (Foto: Ujungaspal.com)

Mainan berikutnya yang menantang ketelitian dan mengutamakan kelihaian dalam mengingat proses atau urutan adalah Snake Rubrick. Mainan ini berupa bentuk bangun segitiga tebal yang disusun berhadapan dengan engsel putar. Sejumlah bangun segitiga ini menyusun sebuah batang sepanjang sekitar 8 cm yang bisa dibentuk menjadi beragam rupa, seperti ular, bola, aneka binatang dan lain-lain.

Dibutuhkan kesabaran untuk bermain mainan ini. Namun nilai kreativitas dan motoriknya cukup mengesankan. Apalagi harganya yang cukup terjangkau. Ujungaspal menemukan dua kualitas dari mainan ini di Mal, yang kurang kuat seharga sekitar Rp. 20.000,- dan yang cukup kuat seharga sekitar Rp. 30.000,-

(No. 7) Pipe Dreams

Anak-anak tak pernah bosan bermain dengan Pipa ini. (Foto: Ujungaspal.com)

Anak-anak tak pernah bosan bermain dengan Pipa ini. (Foto: Ujungaspal.com)

Mainan ini menggunakan rangkaian pipa warna-warni untuk berkreasi bentuk. Menyambung dan merangkai batang-batang pipa dengan memasukkan ujung kecil ke mulut pipa yang lebih lebar, mengasyikkan bagi anak.

Aneka bentuk dapat dibuat dari rangkaian pipa ini. Harga pipa-pipaan ini sekitar Rp. 45 ribu per set. Jaringan distribusi Carrefour beberapa lalu menyediakan jenis mainan ini.

(No. 6) Puzzle

Puzzle kini mudah didapat di mana-mana. Ukurannya sangat beragam sesuai dengan tingkat usia anak yang menggunakannya. Ada puzle sederhana dengan empat buah anak puzzle, untuk anak-anak usia 3 tahun hingga yang ribuan anak puzzle untuk dewasa.

Gambar akhir yang menarik dari susunan puzzle yang benar, membuat mainan yang biasanya dibuat dari kertas karton ini memacu anak menyelesaiakannya. Gambar putri, mobil, dino, atau tokoh-tokoh super hero merupakan gambar standar yang ada di pasar. Harga mainan ini mulai dari ribuan rupiah hingga ratusan ribu, tergantung jumlah anak puzzle dan kualitas pembuatannya.

(No. 5) Balok Kayu

Balok kayu sudah dipercaya oleh seluruh pendidik anak menjadi alat permainan yang memacu kreativitas. Menyusun, memindahkan, memilih dan berpikir mengenai bentuk merupakan aktivitas yang dilakukan anak saat berkutat dengan balok kayu ini.

Jenis balok kayu saat ini beragam karena sudah menjadi komoditas bagi pengrajin maupun pabrik. tetapi sebenarnya balok paling sederhana sekalipun bisa dibuat. Caranya? Pergi saja ke tukang kayu mintalah sisa-sisa potongan kayu untuk mainan anak. Atau di toko-toko kayu bekas kontainer bisa didapatkan kayu-kayu dengan beragam bentuk dari yang berupa tongkat gilig (lingkaran) maupun kotak bujur sangkar atau persegi panjang. Dari kayu-kayu ini tinggal kita potong ptong, maka akan jadilah balok-balok kayu yang menyenangkan untuk permainan anak.

mainan balok kayu

Foto: duniamainan.wordpress.com

Jika memakai balok kayu yang sudah dijual jadi toko mainan anak, harga satu set balok kayu bisa mencapi ratusan ribu. Padahal jika sedikit kreatif, kita bisa membuat balok-balok kayu dengan harga puluhan ribu saja.

Caranya:
1. Kunjungi toko kayu bekas. (Di Jakarta dan sekitarnya, misalnya di: Jalan Lenteng Agung, Depok, Kampung Rambutan, Condet dll. Silakan tambahkan alamat jika Jupalist melihat ada toko seperti ini di sekitar Anda.)
2. Pilih kayu tongkat penampang gilig dan bujur sangkar.
3. Potong kayu penampang bujur sangkar atau minta dipotong dengan ukuran: 1) sama panjang dengan sisi penampang, sehingga hasil akhirnya berbentuk dadu/kubus. 2) dua kali panjang sisi penampang, sehingga hasil akhirnya kotak persegi panjang. 3) potong tongkat penampang lingkaran sepanjang sisi kubus dan sisi panjang kotak persegi panjang.
4. Haluskan dengan amplas kayu.
5. Siap berkreasi.

(No. 4) Robot dari Barang Bekas

mainan1

Jenis mainan yang satu ini memang unik. Karena yang terpenting adalah proses pembuatannya. Kreasi mainan ini dikenalkan kepada Ujungaspal.com oleh “Lumintu Recycle Art” sebuah usaha pro lingkungan yang memusatkan kegiatannya pada pembuatan barang-barang dari bahan bekas. Hasil kreasinya berupa asesoris seperti tas, dompet, juga mainan anak-anak ini. Sebenarnya komunitas ini adalah komunitas para lanjut usia yang dibina untuk menghasilkan karya di usia senjanya.

Mainan anak dari “Lumintu Recycle Art” dibuat dari rongsokan alat-alat rumah tangga seperti casing telephone genggam, fitting bola lampu, mainan bekas dan lain-lain.

Barang-barang limbah itu di bersihkan kemudian dirangkai menggunakan lem tembak sehingga membentuk aneka wujud mainan seperti robot, tank tempur, pesawat dan lain-lain. Jika imajnasi dan kreativitas kita tinggi, bisa saja bentuk-bentuk lain bisa dibuat.

Dari limbah inilah kreasi mainan seperti robot dan mobil dibuat. (Foto: Ujungaspal.com)[/caption]

Jika berminat, bisa menghubungi Pak Slamet Riyadhi di nomor HP 0821 231 631 69 atau email slametlumintu@yahoo.com, untuk mendapatkan material dan alat-alatnya. Jika Bapak ini sedang berpameran, dengan membayar Rp. 30 ribu, pengunjung boleh sepuasnya nongkrong dan berkreasi bahkan sampai hasil akhirnya di warnai dengan cat khusus.

Workshop kelompok ini berada di Jl. Hasyim Anshari , Gg. Kemuning Rt. 01/05 No. 17 Sudimara Pinang Tangerang, Banten.

(No. 3) Layang-layang

Layang-layang sebenarnya permainan murah-meriah dan edukatif. Namun dua hal membuat permainan ini jadi kurang ‘asyik,’ yang pertama adalah susahnya menemukan lahan terbuka untuk bermain permainan ini. Yang kedua adalah tradisi adu layang-layang yang mendorong permainan menjadi kompetisi yang kurang sehat, sampah layang-layang dan benang akibat layang-layang putus menjadi pemandangan kumuh di perkampungan kota.

Layang-layang mengenalkan anak prinsp aerodinamika sederhana yang mendasari banyak perangkat canggih seperti kapal terbang, paralayang, para gliding, parasut dan lain-lain.

Bermain layang-layang seperti merasakan keajaiban alam. Tiupan angin yang menerbangkan layang-layang menaikkan adrenalin pada kita.

layang layang

Layang-layang ekor panjang di sebuah pantai di Jogjakarta. (Foto: Ujungaspal.com)

Untuk belajar membuat layang-layang datang saja di Museum Layang-layang Jakarta yang berada di bilangan Pondok Labu Jakarta Selatan. Membuat layang-layang sederhana juga tidak sulit meskipun untuk menjadikan layang-layang mampu ‘terbang’ butuh ketelitian untuk mencapai keseimbangan.

Membeli layang-layang jadi harganya sekitar Rp. 5 ribu. Benang paling murah juga seharga sama.

Di Jakarta, Lapangan Monas saat ini jadi tempat orang Jakarta bermain layang-layang, bahkan di malam hari. Di tempat lain, tentu hal serupa bisa dilakukan.

(No. 2)  Bola

Bola adalah mainan favorit semua orang. Bola besar bola kecil semuanya menarik untuk dimainkan. Dengan bola dapat dilakukan permainan seperti lempar tangkap, sepak bola, bahkan mandi bola.

Bola dibawa ke kolam renang menjadi permainan polo air yang seru. Bola plastik bisa dibeli seharga Rp. 10 ribuan atau bola Voli yang berharga Rp. 180 ribu.

(No. 1) Tubuh Ayah

ayah

Ustadz Bendri dalam sebuah seminar mengenai ayah. (Foto: Ridwan Rachmadi)

Mainan termurah versi pemerhati Anak, Bendri Jaissurachman adalah tubuh ayahnya sendiri. Kedekatan ayah – anak dapat dibina dengan bermain bersama semisal bermain kuda-kudaan, tepuk tangan, bayangan tangan, lari lompat, gendong, dan seterusnya.

Bermain hujan-hujanan juga menjadi alternatif murah untuk bermain bersama anak. Asal saja hujannya deras dan dengan waktu yang terukur. Daya tahan anak juga bisa dipupuk dari permainan ini.***

——————————————————————————————–

* Catatan: harga murah adalah relatif. Mohon maaf bagi saudara-saudaraku yang masih sangat sulit bahkan untuk mendapatkan uang Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu rupiah. Tetaplah semangat untuk menjaga anak-anak selalu ceria dan hidup dalam dunianya, meski penuh keterbatasan.

 

Inspirasi dari Mainan Murah:
1. Mainan anak adalah kebutuhan sepanjang masa dan tidak pernah berkurang peminat.
2. Sebagian besar mainan anak adalah barang impor, mainan lokal harus dikembangkan.
3. Adakah sekolah untuk menjadi Insinyur pembuat mainan anak?
4. Mainan anak diciptakan oleh anak, orang dewasa melihatnya dan mengkomodifikasikannya.

2 Responses to 10 Mainan Kreatif Berharga ‘Murah*’

  1. joanna says:

    Sis kalau contoh blocks seperti gambar di atas merknya apa&beli di mana?kualitas plastiknya kayanya lumayan bagus.tdk seperti blocks made in china

    • ujungaspal.com says:

      Halo. Mereknya Gold Kid made in China. Rajin-rajin aja nyari di ASEMKA atau Prumpung kalau tinggal di Jakarta. Di Surabaya atau Semarang ada tempat-tempat yang lebih murah.Yang ada di foto ini sebenarnya juga tidak terlalu kuat jepitannya. Salam, Redaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>